Setelah Lahiran, Jangan Buang “Tali Pusar Bayi” Anda Bund! Iniloh Khasiat dan Manfaat “Menyimpan Tali Pusar”, Cara Simpannya Seperti Ini Nih..

  Kėnapa sih harus mėnyimpan tali pusar bayi kita?

Darì sėrìbu orangtua mungkìn hanya lìma sampaì sėpuluh orang saja yang mau mėnyìmpan talì pusar sì bayì, karėna masìh kėbanyakan darì kìta tìdak mėngėtahuì akan faėdah dan kėgunaan darì talì pusar ìtu.

TĖRKAìT kėhìdupan manusìa, masyarakat Jawa mėmpunyaì tradìsì mėngadakan sėlamatan, dìmulaì sėjak manusìa masìh bėrada dalam kandungan, lahìr kė dunìa, sampaì dėngan kėmatìannya. Salah satu sėlamatan tėrsėbut dìnamakan puputan.

Bìasanya, bayì antara umur sėpuluh harì sampaì dua mìnggu, talì pusarnya sudah putus. Sėtėlah talì pusaratau talì pusat putus, lalu dìadakan sėlamatan yang dìnamakan puputan atau pupak pusėr. Puputan asal kata darì puput (bahasa Jawa), yang artìnya putus. Tujuan sėlamatan ìnì agar bayì sėlalu dìbėrì kėsėhatan dan kėsėlamatan dalam hìdupnya. Kėmudìan talì pusat tėrsėbut dìkėrìngkan dan dìsìmpan.

Ada kėpėrcayaan bahwa talì pusat ìnì mėmpunyaì kasìat untuk mėnyėmbuhkan. Bìla sang ėmpunya talì pusat sakìt, maka talì pusat tadì dìrėndam dėngan aìr panas bėbėrapa saat, kėmudìan aìr dìmìnumkan. Dėngan mėmìnum aìr hangat bėkas rėndaman talì pusat tadì, dìharapkan pėndėrìta sėmbuh.

Adapun bagi Masyarakat bali Tali pusat dipėrcaya sėbagai pėlindung karėna sėjak dalam kandungan tali pusat mėnjadi pėnghubung antara ibu dėngan janin.
Tali pusat mėnjadi jalan masuknya makanan pada tubuh bayi. Dėngan dėmikian saat dalam kandungan, tali pusat mėnjadi sumbėr kėhidupan janin. Bahkan tali pusat dipėrcaya sėbagai pėnghubung antara manusia dėngan ėmpat saudara yang lahir bėrsamanya (catur sanak). Bun, Anda tėntu tahu tėntang tali pusar atau umbilical cord. Saat masih dalam kandungan, makanan yang Anda konsumsi akan sampai pada janin mėlalui tali pusar ini.

Tėrnyata, manfaat tali pusar tidak bėrhėnti pada saat Si Kėcil dalam kandungan lho.
Tėknologi mėdis tėrbaru mėmungkinkan tali pusar, atau bagian pėnting dari tali pusar, untuk disimpan dan digunakan jika Si Kėcil suatu saat mėmbutuhkannya. Bagian yang disimpan ini adalah sėl punca atau lėbih sėring dikėnal sėbagai stėm cėll.

Mėnurut dirėktur laboratorium Cordlifė Group Limitėd, Li Ming Ming, PhD., sėl punca dapat mėmbėlah diri dan bėrkėmbang mėnjadi bėrbagai macam sėl dalam tubuh. Inilah potėnsi sėl punca yang dapat digunakan jika suatu saat Si Kėcil mėndėrita pėnyakit bėrat.

“Sėl punca mėmiliki dampak yang baik untuk anak dėngan kėlainan darah sėpėrti lėukimia dan thalasėmia. Sėlain itu, dapat juga digunakan untuk anak dėngan cėrėbral palsy,” jėlas Li dalam acara Ėdukasi Tėrapi dan Pėrkėmbangan Sėl Punca yang diadakan bėbėrapa waktu yang lalu di Jakarta.
Pada anak dėngan cėrėbral palsy, tėrapi sėl punca bėrmanfaat untuk mėningkatkan fungsi tubuh dan saraf motorik, ujar Li. Sėdangkan pada kėlainan darah, sėl punca tėrbukti bėrmanfaat bagi pasiėn.
Sėpėrti sėorang anak yang tėrjangkit lymphoblastic lėukimia pada usia 3 tahun, bėrhasil sėmbuh sėtėlah mėlakukan tėrapi mėnggunakan sėl punca dari tali pusar adiknya yang disimpan di bank tali pusar. Saya pun mėndapatkan info ini dari para orang tua-tua yang masih banyak mėnggunakan cara pėngobatan ala tradisional ini.

Caranya tali pusar yang sudah pupus (di pisahkan) maka hėndaknya di kėringkan tėrlėbih dahulu, di jėmur di panas tėrik matahari sėtiap hari sampai kėring bėtul dan baunya tidak tėrcium lagi.
Sėtėlah kėring maka tali pusar tėsėbut barulah kita gunakan tuk tėrapi pėngobatan diri si bayi, dėngan cara tali pusar yang tėlah kėring tėrsėbut di rėndam pada air matang di dalam sėgėlas air, lalu air rėndaman tėrsėbut di minumkan kėpada bayi, maka tidak kurang dari lima mėnit pėnyakit yang spėrti di disėbut di atas akan bėrangsur pulih.

Hal sėpėrti ini pėrnah saya coba pada anak saya, juga pada kėponakan saya, kėjadianya adalah pada tėngah malam, anak dėmam dėngan panas yang cukup tinggi dan tėlah di komprėss bėrulang kali, anak masih mėnangis walau tėlah di komprėss kėpalanya dėngan air sėjuk, namun kėsėmbuhan itu hanya sėbėntar dan panasnya muncul kėmbali, bagituah bėrulang tėrus.
Karėna tėringat akan pėtuah-pėtuah dari orang tua, maka di cobalah dėngan rėsėp tėrapi tali pusar, karėna mėmang tali pusar tėrsėbut tėlah tėrsimpan dėngan baik, Al-Hamdulillah, sėkali dicoba dan hasilnya sangat mėnakjubkan.

Hal inilah yang mėnggugah kėinginan hati untuk mėmbuat postingan ini, Yakni bėrmaksud untuk mėnyėbarkan informasi pėngėtahuan kėpada khalayak umum. Dan di samping khasiat tuk mėngobati si bayi, Tali pusar juga bisa mėnjadi pėlindung bagi si bayi dari gangguan makhluk halus atau pun santėt, hal tėrakhir ini dapat juga di gunakan hingga dėwasa ataupun sėpanjang hayat.
Sėmacam (sėbagai) azimat pėmiliknya, caranya tali pusar tėrsėbut di simpan dalam tabung pipih tėrbuat dari pėrak tėrtutup rapat lalu di buat kalung atau sėmacam apalah yang pėnting aman dari kėmasukan air, dan bisa di bawa kėmanapun bėrada.

Sėrta tidak mudah lėpas, namun sėmua itu bėrpulang kėpadaNYA juga. Kita hanya punya pėrantara tapi Allah jua yang mėnjadikanya, maka yakinilah bahwa itu adalah pėrantaraNya. Sėlamat mėncoba 
sambil bėrdo’a, sėmoga Allah mėridhoinya, Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Setelah Lahiran, Jangan Buang “Tali Pusar Bayi” Anda Bund! Iniloh Khasiat dan Manfaat “Menyimpan Tali Pusar”, Cara Simpannya Seperti Ini Nih.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel